DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KESADARAN MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN SUNGAI BARITO DI KELURAHAN ALALAK TENGAH KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:MISDA MAWARNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


ABSTRAK

 

Misda Mawarni, 2023 Kesadaran  Masyarakat  dalam Pemeliharaan  Kebersihan Lingkungan Sungai Barito di Kelurahan Alalak Tengah Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Zainul Akhyar (II) Heru Puji Winarso .

Kata kunci: Masyarakat, Linkungan, Sungai

Kesadaran  masyarakat tentang kebersihan dalam agama disebutkan. Dikatakan bahwa kebersihan adalah bagian dari iman. Kebersihan sangat penting bagi setiap manusia. Lingkungan hidup yang sehat menciptakan perasaan nyaman dan sejahtera bagi setiap individu yang tinggal di sana.

Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang melibatkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai bahan pengumpulan data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui beberapa langkah, termasuk reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Status Sungai Barito saat ini mulai tercemar, menyempit dan dangkal akibat banyaknya penduduk yang bermukim di bantaran sungai. Sebagian besar limbah domestik dibuang ke sungai, selain limbah domestik, limbah dari industri kayu juga mencemari sungai Barito. Limbah yang dibuang ke sungai mengalami pengendapan material akibatnya penumpukan limbah kemudian menjadi pendangkalan. (2) Kesadaran masyarakat akan kebersihan sungai di Kelurahan Alalak Tengah RT 7 tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai memang sudah dipahami, namun dalam sikap dan tindakan nyata masyarakat belum menunjukkan kesadaran penuh dalam menjaga kebersihan sungai. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar kebersihan lingkungan lebih diperhatikan oleh instansi terkait seperti Dinas Kebersihan Lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI