DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK KOLABORASI SWAY DAN KAHOOT PADA MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI IPS SMA PGRI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:ZAHRATUN ALIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-23


Zahratun Aliyah, 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Kolaborasi Sway dan Kahoot pada Materi Ketenagakerjaan Kelas XI IPS SMA PGRI 6 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I: Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd. Pembimbing II: H. Maulana Rizky, M.Acc., Ak.)

 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kevalidan media pembelajaran berbentuk kolaborasi sway dan kahoot pada materi ketenagakerjaan, (2) menganalisis kepraktisan media pembelajaran berbentuk kolaborasi sway dan kahoot pada materi ketenagakerjaan, dan (3) menganalisis keefektifan media pembelajaran berbentuk kolaborasi sway dan kahoot dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ketenagakerjaan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Ada empat tahap dalam model 4D yaitu tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk kolaborasi sway dan kahoot berdasarkan hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor total 4,59 dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 91,8% dengan kategori sangat praktis. Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 4,36 dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 87,2% dengan kategori sangat praktis. Pada uji coba lapangan, respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor total 4,43 dengan kriteria sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 88,6% dengan kategori sangat praktis. Hasil dari uji Gain Score untuk menilai keefektifan media pembelajaranyaitu 0,70 yang memiliki kriteria tinggi dan persentase memperoleh nilai 70,9% dengan kategori cukuf efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbentuk kolaborasi sway dan kahoot pada materi ketenagakerjaan kelas XI IPS SMA PGRI 6 Banjarmasin dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sway, Kahoot, 4D

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI