DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI VOLUNTEER DALAM MENDAMPINGI PENYUSUNAN SKRIPSI MAHASISWA TUNARUNGU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KHUSUS UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:WULAN NORHIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


ABSTRAK

Norhidayati, Wulan. 2023.Strategi Volunteer dalam Mendampingi Penyusunan Skripsi Mahasiswa Tunarungu Program Studi Pendidikan Khusus Universitas Lambung Mangkurat. Program S1 Pendidikan Khusus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Tahun Akademik 2022/2023. Pembimbing I Dewi Ekasari Kusumastuti. Pembimbing II Eviani Damastuti.

 

Kata Kunci: Strategi Volunteer, Penyusunan Skripsi, Mahasiswa Tunarungu

 Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya permasalahan volunteer dalam mendampingi penyusunan skripsi mahasiswa tunarungu. Diantaranya mahasiswa tunarungu kesulitan dalam menyusun kalimat yang saling berkaitan antar paragraph. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kendala volunteer dalam mendampingi penyusunan skripsi mahasiswa tunarungu; 2) strategi volunteer dalam mendampingi penyusunan skripsi mahasiswa tunarungu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 5 orang volunteer mahasiswa tunarungu angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kendala volunteer dalam mendampingi penyusunan skripsi mahasiswa tunarungu adalah penyusunan kalimat terbolak-balik, jadwal bimbingan dengan dosen pembimbing yang tidak sama dengan volunteer, lokasi penelitian yang berbeda dengan domsili volunteer, adanya COVID-19, serta pengolahan data mahasiswa tunarungu tidak mengerti bagaimana cara mengolah data 2) strategi volunteer dalam mendampingi penyusunan skripsi mahasiswa tunarungu adalah memeriksa kembali hasil penyusunan dari mahasiswa tunarungu, membantu menyusun kalimat agar berkaitan antar paragraf, mengarur jadwal bimbingan antara volunteer, mahasiswa tunarungu dan dosen pembimbing, serta mendampingi mahasiswa tunarungu penelitian diluar kota. Pada pengolahan data volunteer menjelaskan mengenai rumus untuk menghitung data yang sudah diperoleh.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI