DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Keterampilan Gerak Kata Empi Melalui Kombinasi Latihan Hurdle Drill Dan Imagery Karateka Lemkari Banjarmasin (PTO)
PENGARANG:BAIDILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


ABSTRAK

 

Baidillah. 2023. Meningkatkan Hasil Keterampilan Gerak Kata Empi Melalui Kombinasi Latihan Hurdle Drill Dan Imagery Karateka Lemkari Banjarmasin ( PTO ). Pembimbing I : Dr. Syamsul Arifin, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Mashud, M.Pd

 

 

 

Berbagai cabang olahraga seperti sepak bola, bola voli, bola basket, dan karate telah berkembang pesat di Indonesia. Karate merupakan beladiri keras dengan teknik fisik seperti pukulan, tendangan, tangkisan, sabetan, dan elakan. Dalam karate, keterampilan kata sangat penting, terutama kata "Empi" yang membutuhkan kekuatan, keseimbangan, koordinasi, dan kecepatan yang luar biasa.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kombinasi latihan fisik hurdle drill  dan latihan mental imagery terhadap peningkatan keterampilan gerakan kata "Empi" pada karateka di Lemkari Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus, melibatkan 26 responden dengan rentang usia 5 hingga 20 tahun dan pengalaman latihan 1 hingga 10 tahun. Pada siklus I, hasil pengamatan menunjukkan 57,7% karateka berada dalam kategori bagus, 11,5% dalam kategori dapat diterima, dan 30,8% dalam kategori buruk. Setelah mengikuti latihan kombinasi hurdle drill  dan imagery, pada siklus final terdapat peningkatan persentase karateka dalam kategori bagus menjadi 61,5%, dapat diterima menjadi 23,1%, dan buruk menjadi 15,4%. Uji gain menunjukkan peningkatan kategori bagus sebesar 6,5%, kategori dapat diterima sebesar 100%, dan kategori buruk berkurang 50%.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi latihan fisik hurdle drill  dan latihan mental imagery memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan gerakan kata "Empi" pada karateka, yang dapat membantu mereka mencapai tingkat keunggulan dalam karate.

 

Kata kunci: latihan hurdle drill ; latihan imagery; keterampilan kata “Empi”

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI