DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DESKRIPTIF TENTANG BENTUK KEBIASAAN BARAWAAN PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:MUHAMMAD WAHYU WICAKSONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


ABSTRAK

Muhammad Wahyu Wicaksono. 2022. Studi Deskriptif Tentang Bentuk Kebiasaan Barawaan Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd. (II) Dr. Sulistiyana, M.Pd.

Kata Kunci : Kebiasaan Barawaan, Mahasiswa, Bimbingan dan Konseling

Kebiasaan Barawaan merupakan salah satu ciri khas masyarakat Banjar yang memiliki arti saling bertegur, dalam barawaan ditandai dengan bentuk verbal dan non-verbal. Bagi mahasiswa kebiasaan berawaan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan konselor dalam melaksanakan konseling. Tujuan Penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan Bentuk Kebiasaan Barawaan pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP ULM.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP ULM. Data Primer pada penelitian ini berjumlah 7 orang, diantaranya 3 orang mahasiswa, 3 orang sahabat mahasiswa dan Dosen Bimbingan dan Konseling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Miles and Huberman berupa reduksi data, display data, dan verifikasi data.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling sering melakukan kebiasaan Barawaan dengan perilaku yang dimunculkan saling sapa, bercerita, bersilaturahmi serta bergotong royong. Bagi peneliti selanjutnya, Untuk menjadi refrensi dan mengetahui Bagaimana gambaran Bentuk Kebiasaan Barawaan pada Mahasiswa Bimbingan Konseling di FKIP ULM Sehinga mempermudah peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan topik ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI