DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS STATUS GIZI DAN KONDISI FISIK PADA TIM FUTSAL SMA NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:JIAN PAPIN SURYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Jian Papin Surya. 2023.Analisis Status Gizi Dan Kondisi Fisik Pada Tim Futsal SMA Negeri 1 Banjarmasin. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Nurdiansyah, M.Pd. (II) Dr. Sunarno Basuki, Drs., M.Kes., AIFO.

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status gizi dan kondisi fisik atlet tim futsal SMAN 1 Banjarmasin. Sampel pada penelitian ini adalah tim futsal SMA Negeri 1 Banjarmasin yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantiatif. Instrument test pengukuran antropometri (indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh) dan tes kondisi fisik (daya tahan kardiovaskular, kecepatan, kelincahan, kekuatan, dan daya ledak). Data dianalisis dengan menggunaan analisis statistik deskriptif presentase.

 

Hasil penelitian Analisis Status Gizi Dan Kondisi Fisik Pada Tim Futsal SMA Negeri 1 Banjarmasinmenunjukan Status Gizi berdasarkan pengukuran Indeks Massa Tubuh pada atlet tim futsal SMAN 1 Banjarmasin dari 25 pemain yang menjadi sampel dalam penelitian lebih banyak berada dalam kategori normal dengan jumlah 17 pemain (68%), sedangkan beberapa pemain lainnya terbagi kedalam kategori kurus sebanyak 6 pemain (24%), dan gemuk sebanyak 2 pemain (8%). Sedang 2. Kondisi Fisik pada atlet tim futsal SMAN 1 Banjarmasin dari 25 pemain yang menjadi sampel dalam penelitian lebih banyak berada dalam kategori sedang dengan jumlah 9 pemain (36%), sedangkan beberapa pemain lainnya terbagi kedalam kategori sangat kurang sebanyak 3 pemain (12%), sebanyak 5 pemain (20%) termasuk kedalam kategori kurang, sebanyak 7 pemain (28%) termasuk kedalam kategori baik, dan hanya 1 pemain (4%) yang termasuk kedalam kategori sangat baik.

 

 

 

 

 

Kata  Kunci : Kebugaran Jasmani, Status Gizi, Futsal , Kondisi Fisik

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI