DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pembangunan Sosial Desa di Desa Kampung Tengah Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan (Kalteng)
PENGARANG:RAMDI YANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


ABSTRAK

 

RAMDI YANI, NIM. 1910413310011, 2023. Strategi Pembangunan Sosial Desa di Desa Kampung Tengah Kecamatan Katingan Kuala Kalimantan Tengah Kabupaten Katingan (Kalteng). Pembimbing Najeri Al Syahrin.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembangunan sosial desa di Desa Kampung Tengah Kecamatan Katingan Kuala Kalimantan Tengah. Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, informan penelitian ditentukan dengan teknik Triangulasi dimana teknik ini merupakan gabungan dari tiga teknik yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembangunan sosial dalam indikator terdapat yang belum terlaksana hal ini dapat dilihat berdasarkan Indikator ketertinggalan daerah yaitumeningkatkan pembangunan infrastruktur dan sumber daya melalui program pemerintah pusat, namun penghambat dalam pembangunan infrastruktur desa sulitnya akses pertumbuhan yang dimana untuk menuju dari desa ke kota melalui jalur laut/sungai. Keterbatasan anggaran yaituanggaran desa di Desa Kampung Tengah melalui Anggaran Dana Desa (ADD), berupaya melaksanakan program sebagaimana adanya RPJM dan RKP desa yaitu pembukaan lahan bagi masyarakat serta adanya penganggaran alat.Sumber daya manusia yaituadanya SDM dapat meningkatkan kualitas masyarakat melalui pelatihan yang diberikan kepada RT/RW tentang administrasi, kemudian terhadap warga petani sosialisasi pupuk organik dapat bernilai guna bagi petani demi lebih meningkatkan hasil tanamnya, dengan pelatihan lebih memudahkan dalam peningkatan kemampuan serta wawasan mengenai persoalan pupuk organik yang akan diterapkan dilapangan. Lapangan pekerjaan yaitu meningkatkan dalam sektor wisata yaitu pantai karena merupakan daerah pesisir dan merupakan lokasi strategis dalam pembangunan, kemudian program padat karya cash yang dilaksanakan dalam membantu sektor lapangan pekerjaan, serta upaya kemandirian dalam masyarakat yang tidak hanya berpangku pada satu sumber mata pencaharian yang dihasilkan.

 

Kepada Kepala Desa Kampung Tengahdalam pelaksanaan pembangunan lebih mengutamakan keterlibatan masyarakat dan untuk masyarakat kesadaran perlu ditingkatkan dalam pembangunan infrastruktur.

 

Kata Kunci: Strategi, Kepala Desa, Pembangunan Sosial

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI