DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERSEPSI TENTANG APLIKASI E-LEARNING SIMARI BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
PENGARANG:MUHAMMAD NAWIER SYAHROWARDI MAARIEF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


Muhammad Nawier Syahrowardi Maarief. 2023. Analisis Persepsi Tentang Aplikasi E-learning Simari Bagi Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pembimbing (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd (II) Akhmad Sugianto, M.Pd

Kata Kunci : Persepsi, E-learning Simari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media ­e-learning sebagai salah satu pelengkap atau pengganti perkuliahan tatap muka.  Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan yang telah didapatkan dengan mengumpulkan informasi-informasi dan penafsiran pesan. Persepsi merupakan suatu terjadinya proses yang didahului oleh penginderaan manusia, yaitu suatu stimulus yang diterima oleh individu melalui alat reseptor yaitu indera. Salah satu media pembelajaran yang dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar secara online adalah aplikasi e-learning. E-learning merupakan sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan bidang pendidikan dalam bentuk dunia maya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa program studi bimbingan dan konseling terhadap aplikasi e-learning Simari.

            Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 5 informan mahasiswa yaitu 3 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan menarik  kesimpulan.

              Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap e-learning Simari menunjukkan persepsi positif, dimana mahasiswa menunjukkan keaktifannya secara terus menerus menggunakan e-learning Simari sebagai pendukung dalam pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang e-learning Simari diantaranya adalah faktor teknologi, inovasi, sumber daya manusia, dan self development.  Hambatan yang sering dialami seputar penerapan e-learning Simari adalah akses internet yang tidak stabil dan kondisi server yang sering down.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI