DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN KELOMPOK TANI SURYA PERJUANGAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA MANGKUSIP KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:SAIDATUL QARIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


ABSTRAK

 

Saidatul Qarimah, (2023). Peranan Pemberdayaan Kelompok Tani Surya Perjuangan dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Mangkusip Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Pembimbing: Dr. Yusuf Hidayat, S. Sos., M.Si.

 

Kata Kunci : Peranan, Pemberdayaan, Upaya, Kelompok Tani, Hambatan.

 

  Kelompok Tani Surya Perjuangan dihadapkan dengan rusaknya akses jalan transportasi pertanian usaha tomat, terbatasnya penguasaan ilmu pengetahuan mengenai hama penyakit tanaman tomat dan kelebihan produksi. Peneitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peranan pemberdayaan keanggotaan kelompok tani Surya Perjuangan di Desa Mangkusip Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. (2) Menganalisis  hambatan yang dihadapi kelompok tani Surya Perjuangan dalam pemberdayaan petani di Desa Mangkusip Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode Kualitatif. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertemoat di Desa Mangkusip Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong Sumberdatadipilihdengan purposivesampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukandengan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu.

Hasil penellitian ini menunjukan bahwa (1) Peranan upaya Pemberdayaan Kelompok Tani Surya Perjuangan antara lain terbagi menjadi tiga yaitu, pertama pemungkinan: perlengkapan sarana prasarana pertanian. Kedua Penguatan: penyuluhan, bimbingan teknis, dan Pusat Penyuluhan pertanian dan perdesaan swadaya. Ketiga Perlindungan: Kebijakan Dinas Pertanian, Pinjaman dari Perbankan, Pasar Senin dan Malam Desa Mangkusip, Pasar Agribisnis Tanjung, dan Grup wadah bertukar informasi Pertanian. (2) Hambatan dalam Pemberdayaan Kelompok Tani adalah Kurangnya Sarana Prasarana Pembangunan Pertanian, Kurangnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian, dan Terbatasnya Modal Usaha.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI