DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum) TERHADAP APLIKASI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA (PGPR) AKAR BAMBU (Bambusa vulgaris)
PENGARANG:VIKA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum) TERHADAP APLIKASI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA (PGPR) AKAR BAMBU (Bambusa vulgaris)

(Oleh: Vika Maulida; Pembimbing: Sasi Gendro Sari, Siswoyo; 2023: 30 Halaman)

 

PGPR adalah kelompok bakteri menguntungkan yang mengkolonisasi rizosfer. Bakteri pada PGPR dapat berfungsi sebagai biostimulan yaitu mampu memicu pertumbuhan tanaman dengan cara memproduksi fitohormon pertumbuhan.Salah satu jenis bakteri yang diduga ada pada akar bambu kuning adalahPaenibacillus polymyxa. Bakteri ini bersifat antagonis terhadap pertumbuhan patogen dan juga memiliki sifat menginduksi ketahanan tanaman sehingga banyak dimanfaatkan sebagai agensia hayati. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemberian PGPR dari akar bambu kuning terhadap pertumbuhan tanaman tomat dan menentukan konsentrasi PGPR yang efektif untuk meningkatkan hasil produksi tanaman tomat. Rancangan penelitian menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan 4 perlakuan yaitu 0 ml/L, 5 ml/L, 10 ml/L, dan 15 ml/L. Analisis data menggunakan uji Anova dan dilanjutkan dengan uji DMRT dengan taraf 5% menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan jumlah tangkai daun, jumlah buah pertanaman, bobot buah, dan panjang akar. Perlakuan terbaik untuk tinggi tanaman, jumlah tangkai daun, jumlah buah pertanaman dan bobot buah diperoleh pada konsentrasi 10 ml/L sedangkan untuk panjang akar konsentrasi PGPR terbaik dengan konsentrasi paling tinggi yaitu 15 ml/L.

 

Kata kunci: PGPR, P. polymyxa, Tomat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI