DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMAN 6 BANJARMASIN
PENGARANG:MAWADDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-28


Telah dilakukan penelitian mengenai penerapan model Brain Based Learning (BBL) dengan mind mapping pada materi koloid di SMA Negeri 6 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji coba model Brain Based Learning (BBL) dalam meningkatkan (1) keterampilan komunikasi peserta didik, (2) keterampilan berpikir kreatif peserta didik, dan (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran koloid menggunakan model  BBL dengan mind mapping dan model BBL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif dan instrumen nontes berupa lembar observasi keterampilan komunikasi dan angket untuk mengetahui respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan komunikasi peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, (2) keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, dan (3) model BBL dengan mind mapping mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik  dan model BBL mendapatkan respon baik dari peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi model BBL dengan mind mapping dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI