DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK RELAKSASI DALAM MENGURANGI BURNOUT AKADEMIK PADA AMAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2021 UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:ERFINA NUR ARIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-28


 

Erfina Nur Ariani. 2023. Efektivitas Teknik Relaksasi Dalam Mengurangi Burnout Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2021 Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd, Pembimbing (II) Hendro Yulius Suryo Putro, S.Pd., M.Psi.

 

Kata Kunci: Teknik Relaksasi, Burnout Akademik.

 

            Burnout akademik yang tinggi akan berdampak pada pengelolaan tugas akademik maupun pengelolaan diri pada individu, dan ditemukan beberapa mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2021 Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin memiliki tingkat burnout akademik yang tinggi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis keefektifan teknik relaksasi dalam mengurangi burnout akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2021 Universitas Lambung Mangkurat.

 

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 orang dan sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket burnout akademik dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney Test.

 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus uji Mann-Whitney Test yang menunjukkan hasil asymp.sig (2-tailed)/signifikasi untuk uji dua sisi adalah 0,046 atau probilitas diatas 0,05 (0,046 > 0,05) maka ho ditolak.  Jadi kesimpulan pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa teknik relaksasi efektif dalam mengurangi burnout akademik pada mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2021 Universitas Lambung Mangkurat. Saran bagi peneliti selanjutnya, dapat menyikapi penelitian ini dalam situasi dan kondisi yang berbeda, serta mengenali kelebihan dan kekurangan dalam penerapan teknik relaksasi.


 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI