DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kemampuan Menulis Teks Editorial Melalui Media Gambar Siswa Kelas XII SMAN 6 Banjarmasin
PENGARANG:ERVIRA ANGGIA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-30


Safitri, Ervira Anggia. 2023. Kemampuan Menulis Teks Editorial melalui Multimedia Interaktif Gambar Siswa  Kelas XII SMAN 6 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, ULM, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D.; (II) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.

 

Kata Kunci: kemampuan menulis, teks editorial, media gambar

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks editorial melalui melalui media gambar siswa kelas XII SMAN 6 Banjarmasin. Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menulis siswa berdasarkan kesesuaian gambar, struktur, isi dan kaidah kebahasaan.

Jenis penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan uji kemampuan menulis. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa siswa mampudalammembuat teks editorial. Aspek yang digunakan untuk menentukan kemampuan 34 orang peserta didik. Peserta didik berjumlah 27 orang sudah tergolong mampu, sedangkan 7 orang masih pada kategori kurang mampu dalam menulis teks editorial. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek kesesuaian gambar siswa pada kategori sangat baik ada 29 orang atau (85,2%) , siswa pada kategori baik ada 5 orang atau (14,8%). Hasil kemampuan menulis teks editorial berdasarkan kesesuian gambar siswa kelas XII MIPA 3 SMAN 6 Banjarmasin dikategorikan mampu dengan persentase (85,2%). Berdasarkan tabel di atas hasil kemampuan menulis teks editorial pada aspek struktur siswa pada kategori sangat baik ada 24 orang atau (70,6%), siswa pada kategori baik ada 9 orang atau (26,5 %) dan pada kategori cukup ada 1 orang atau (2,9%). Hasil kemampuan menulis teks editorial dengan aspek struktur dikategorikan mampu dengan persentase (97,1%).  Berdasarkan aspek isi siswa pada kategori sangat baik ada 15 orang atau 44,11 %, siswa,  pada kategori baik ada 14 orang atau (41,17%) dan pada kategori cukup ada 5 orang atau (14,72%). Hasil kemampuan menulis teks editorial dengan aspek isi dikategorikan mampu dengan presentase (85,28%). Berdasarkan aspek kaidah kebahasaan siswa pada  kategori baik ada 21 orang atau (61,76%) dan pada kategori cukup ada 13 orang atau (38,24%). Hasil kemampuan menulis teks editorial dengan aspek kaidah kebahasaan dikategorikan mampu dengan persentase (61,76%).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI