DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI SAK-EMKM SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM CAFE JAMU KAMPUNG PEJABAT ‘PENJUAL JAMU LOKTABAT’ KOTA BANJARBARU.
PENGARANG:DWI MEGA FITRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-31


ABSTRAK

 

Dwi Mega Fitriyani (2020). Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK-EMKM) Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM Cafe Jamu Kampung Pejabat Kota Banjarbaru. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Ibu Hj. Fatimah, SE, M.Si, Ak, CA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi SAK EMKM sebagai dasar penyusunan laporan keuangan Pada UMKM Cafe Jamu Kota Banjarbaru dan mengetahui apa saja faktor-faktor yang menyebabkan UMKM Cafe Jamu tidak membuat laporan keuangan yang sesuai dengan SAK-EMKM.  Batasan masalah pada penelitian ini yaitu laporan keuangan hanya pada bulan Februari 2020 saja karena peneliti melakukan penelitian ditempat tersebut pada bulan Februari 2020.

Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini menggunakan data primer. Data primer yaitu data yang diperoleh dengan cara melakukan penelitian langsung kelapangan atau melakukan wawancara langsung dengan pihak terkait yaitu pemilik UMKM Cafe Jamu. Langkah yang dilakukan dalam analisis data pada penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data dan mengidentifikasi transaksi yang terjadi, lalu transaksi-transaksi tersebut dibuat jurnal, diposting ke buku besar, dibuatkan neraca saldo, jurnal penyesuaian, dan neraca lajur.  Selanjutnya membuat dan menyusun laporan keuangan berdasarkankan SAK EMKM.

 

Hasil penelitian ini adalah UMKM Cafe Jamu hanya membuat catatan pendapatan serta pengeluaran harian saja dan belum pernah menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan SAK-EMKM. Sesuai hasil penelitian dan pembahasan maka peneliti menerapkan SAK-EMKM sebagai dasar penyusunan untuk menyajikan laporan keuangan pada UMKM Cafe Jamu sesuai standar dan kaidah SAK-EMKM yang berlaku. Laporan keuangan yang disusun yaitu Laporan Laba-Rugi, Laporan Posisi Keuangan, dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Kata kunci : UMKM, SAK-EMKM, Laporan Keuangan UMKM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI