DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KEPATUHAN PEDAGANG KAKI LIMA TERHADAP RELOKASI PASAR LOS BATU DI KOTA KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:DEVI YUNIARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-02


ABSTRAK

 

Devi Yuniarti, 2023. Tingkat Kepatuhan Pedagang Kaki Lima Terhadap Relokasi Pasar Los Batu di Kota Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan . Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Harpani Matnuh, Pembimbing (II) Heru Puji Winarso.

 

Kata Kunci : Kepatuhan, Pedagang, Relokasi, Pasar.

 

Relokasi pasar rakyat kota Kandangan yang diresmikan tahun 2019 dimaksudkan untuk memberikan fasilitas pasar yang indah, aman, tertata dalam memberikan kenyamanan, kebersihan dan ketertiban baik bagi pedagang maupun pembeli, akan tetapi hingga saat ini masih terdapat para pedagang yang tidak mematuhi ketentuan pemerintah terkait dengan relokasi pasar.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakn metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu mengutip konsep Miles dan Huberman yakni data reduction, data display dan conclusion drawing/verification.

 

Hasil penelitian terungkap bahwa kepatuhan pedagang terhadap kebijakan pemerintah kota dalam merelokasi pasar los batu belum terlaksana secara maksimal. Namun dari tahap perencanaan dan fasilitas pasar sudah memadai sehingga para pedagang sudah banyak pindah ke pasar yang baru yaitu Pasar Terpadu Rakyat meskipun tidak menempati toko atau los yang sudah disediakan pemerintah.

 

Dari hasil penelitian ini disarankan agar pedagang menempati kios atau los yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota Kandangan demi terciptanya tata ruang Kota yang tertata, tertib dan teratur. Serta Pemerintah Kota disarankan agar terus meningkatkan pasar agar pedagang kedepannya menempati kios atau los yang telah disediakan.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI