DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB TOPIK MENENTUKAN AKAR PERSAMAAN TAK LINIER SECARA NUMERIK
PENGARANG:CAHYA KAMILA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-04


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web topik menentukan akar persamaan tak linier secara numerik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis web topik menentukan akar persamaan tak linier secara numerik dengan menggunakan uji validitas materi dan validitas media. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE) yang sudah dibatasi. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi materi dan media yang masing-masing diisi oleh dua orang pakar materi dan media. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis web pada topik akar persamaan tak linier secara numerik yang dikembangkan dengan berbagai teknologi seperti HTML, CSS, Bootstrap, JavaScript, JQuery, Geogebra, Ethercalc, MathJax, Firebase, Figma, Adobe Illustrator, Canva, CapCut, dan Netlify. Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran termasuk valid, dengan hasil validitas materi sebesar 84% dengan tingkat validitas tinggi dan hasil validitas media sebesar 82% dengan tingkat validitas cukup tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut maka media pembelajaran interaktif berbasis web topik menentukan akar persamaan tak linier secara numerik dinyatakan dapat digunakan untuk uji coba.

Kata Kunci: ADDIE, Akar Persamaan Tak Linier, Media Pembelajaran Interaktif, Metode Numerik, Research & Development (R&D).

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI