DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL TUMBUHAN LUMUT DI KAWASAN TAMAN BIODIVERSITAS HUTAN HUJAN TROPIS MANDIANGIN SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI BRYOPHYTA
PENGARANG:NOORSALAMIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-04


Telah dilakukan penelitian pengembangan modul Brophyta yang berbasis keragaman tumbuhan lumut di Taman Biodiversitas Hutan Hujan Tropis Mandiangin, Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahuivaliditas dan kepraktisan modul tumbuhan lumut (Bryophyta). Modul dikembangkan dengan model Four-D yang terdiri atas tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Data dikumpulkan melalui instrumen penilaian untuk uji validitas dan uji kepraktisan. Uji validitas dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Uji kepraktisan dilakukan terhadap 9 orang peserta didik kelas X SMAN1 Anjir Pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas modul diperoleh sebesar 93,06% dengan kategori sangat valid, dan uji kepraktisan diperoleh sebesar 87,56% yang berarti modul tumbuhan lumut yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan.

 

Kata Kunci: Pengembangan Modul, Tumbuhan Lumut (Bryophyta), Taman   Biodiversitas Hutan Hujan Tropis Mandiangin, Uji Validitas, Uji Kepraktisan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI