DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DESKRIPTIF STUDENT ENGAGEMENT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:NORHIDAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-05


Kata Kunci: Student engagement, behavioral engagement, emotional engagement, cognitive engagement

Student engagement pada pembelajaran sangat diperlukan untuk tercapainya keberhasilan peserta didik dalam belajar sesuai dengan kompentensi dan tujuan dari pembelajaran serta keberhasilan dalam kehidupan bersekolah yang terlihat pada keterlibatan secara behavioral, emotional, dan cognitive. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran student engagement pada peserta didik terhadap pembelajaran di SMP Negeri 3 Banjarmasin.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah dua peserta didik melalui pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah adalah teknik Miles dan Huberman.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki student engagement yang memiliki tidak adanya perhatian pada pembelajaran dan tidak ada komitmen sebagai seorang pelajar. Saran untuk kepala sekolah dan guru pengajar, serta guru BK agar dapat lebih memerhatikan peserta didik yang tidak memiliki komitmen dalam student engagement terhadap pembelajaran ataupun sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI