DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DENGAN CRITICAL THINKING SISWA SMK NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ANI SYAHFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-06


ABSTRAK

 

Ani Syahfitri. 2023. Hubungan Antara Minat Membaca dengan Critical Thinking Siswa SMK Negeri 1 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Muhammad Arsyad, M.Psi.,Psikolog (II) Dr. Ali Rachman, M.Pd

Kata Kunci: Critical Thinking, Minat Membaca

 

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia yaitu sebagai pengembangan sumber daya manusia. Berpikir kritis merupakan proses berpikir terampil dan bertanggung jawab ketika seseorang mempelajari suatu permasalahan dari semua sudut pandang, dan terlibat dalam penyelidikan guna menyelesaikan masalah tertentu. Untuk menyelesaikan suatu permasalahan, diperlukan wawasan yang luas. Minat membaca adalah keinginan yang berkaitan dengan penambahan wawasan. Kurangnya minat membaca di Sekolah dapat berdampak buruk bagi individu maupun golongan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan minat membaca dengan critical thinking pada siswa di SMKN 1 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian hubungan. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Banjarmasin. Teknik penarikan random sampling dengan jumlah 313 sampel. Analisis korelasi data yang digunakan aplikasi IMB SPSS statistics version 21 Adapun hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai signifikan dari minat membaca yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai signifikan dari critical thinking yaitu 0,000<0,05. Maka artinya terdapat hubungan antara variabel X dan Y.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI