DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENGELOLAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN OLEH MASYARAKAT DI KELURAHAN PANGERAN KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:SINTHYA CAROLINA SUDARTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-06


ABSTRAK

 

Sinthya Carolina Sudarto. 2023. Pengelolaan Kebersihan Lingkungan Oleh Masyarakat di Kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Zainul Akhyar, (II) Muhammad Elmy.

 

Kata Kunci: Pengelolaan, Kebersihan, Lingkungan

 

            Pengelolaan lingkungan hidup merupakan upaya terpadu untuk pelestarian fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan pemanfaatan, pengendalian, pemulihan, pemeliharaan, pengawasan, dan penataan lingkungan hidup.

 

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dalam memelihara kebersihan lingkungan dan juga kendala nya di Kelurahan Pangeran Kecamatan Banjarmasin Utara. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengelola kebersihan lingkungan yang menyebabkan masih banyak sampah berserakan dimana-mana. Fasilitasuntukkebersihanmasihbelumadadisediakanpemerintahsetempatolehkarenaitumasihbanyaknyamasyarakatyang  membuang sampah ke sungai yang secara tidak langsung sungai menjaditempatutamamerekauntukmembuangsampah. 2) Masyarakat masih belum memiliki inisiatif maupun ide kreatifdalampengelolaansampahagarkebersihanlingkunganlebihbersihdansehat.Kurangnya inisiatif masyarakat dalam menciptakan lingkungan bersih masihjauh dari harapan apalagi kepedulian terhadap sampah-sampah yang masihbisadidaurulang. Kurangnya kesadaran inilah yang menjadi kendala dalam mengelola kebersihan lingkungan.

 

            Saran dari penelitian ini adalah pemerintah desa dan masyarakat kelurahan pangeran harus lebih lagi meningkatkan kesadaran untuk mengelola lingkungan agar menjadi lebih bersih dan asri serta tidak membuang sampah sembarangan dan juga menyediakan tempat pembuangan sampah khusus agar sampah tidak berserakan dimana-mana.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI