DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMENANGAN PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi Desa Handil Barabai Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala Tahun 2021)
PENGARANG:BAYU IHZA SETYAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-06


ABSTRAK

 

Bayu Ihza Setyawan, 1910413210001, Strategi Pemenangan Pemilihan Kepala Desa (Studi Desa Handil Barabai Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala Tahun 2021). Dibawah bimbingan Gazali Rahman.

            Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemenangan yang digunakan Kepala Desa terpilih di Desa Handil Barabai beserta tim suksesnya dalam memenangkan pemilihan Kepala Desa Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang yang terdiri dari Kepala Desa terpilih, Tim sukses, Panitia Pilkades, dan Masyarakat Desa Handil Barabai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh Kepala Desa terpilih dapat dikatakan berhasil melakukan penyebar luasan informasi yang ditawarkan kepada masyarakat melalui strategi marketing politik. Pertama hal ini dapat dilihat dari produk yang berhasil ditawarkan dengan menyesuaikan keadaan lingkungan yang ada di Desa Handil Barabai serta program kerja yang sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat. Kedua promosi yang dilakukan kandidat terpilih lebih memfokuskan untuk bertatap muka langsung dengan masyarakat untuk memperoleh kedekatan. Ketiga Price (harga) yang dikeluarkan oleh kandidat berupa bantuan sembako untuk masyarakat sehingga menghasilkan citra positif bagi masyarakat kepada kandidat terpilih. Terakhir yaitu Place (tempat) dalam hal ini kandidat memanfaatkan kesempatan untuk menarik hati pemilih lewat keluarga, kerabat, dan kepala keluarga yang berusia 40 tahun keatas, kemudian tetap melakukan sosialisasi langsung tatap muka dengan mendatangi tiap rumah warga.

            Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disarankan bagi calon Kandidat Kepala Desa yang akan mendatang agar menjadikan penelitian ini menjadi bahan pertimbangan sebagai pedoman menjalankan strategi Marketing Politik dalam pemilihan Kepala Desa selanjutnya, sehingga tujuan yang dilakukan menghasilkan kemenangan secara maksimal.

 

Kata Kunci: Strategi, Marketing Politik, Pemilihan Kepala Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI