DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MODALITAS KEPALA DESA PETAHANA PADA PILKADES DI DESA UJUNG BARU KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT TAHUN 2021
PENGARANG:M.YUDISTYA WIBISONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-07


M. Yudistya Wibisono, 1910413310021,2023. “Modalitas Kepala Desa Petahana Pada Pilkades Di Desa Ujung Baru Kecamatan Bati-Bati Kabupaten  Tanah  Laut  Tahun  2021” dibawah bimbingan Bapak Gazali Rahman.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Strategi Politik Kepala Desa Petahana Pada Pilkades Di Desa Ujung Baru Kecamatan Bati-Bati  Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa terpilih, Tim Pemenangan, Masyarakat yang memilih kandidat kandidat Kepala desa terpilih, serta perwakilan pemuda Desa ujung Baru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi politik Modalitas yang digunakan oleh Bapak Irawan pertama yaitu modal sosial berupa jaringan hubungan komunikasi yang baik dengan masyarakat. Status sosial yang tersematkan pada diri Bapak Irawan sangat diketahui dan dihormati oleh masyarakat desa. Pengaruh yang dimiliki Bapak Irawan cukup kuat, dibuktikan dengan mampu memperoleh kepercayaan dari masyarakat untuk memimpin desa. seluruh modal sosial mampu diakumulasikan oleh Bapak Irawan Kepala Desa Petaha dengan sangat baik.

Kemudian yang kedua yaitu modal politik berupa jabatan politik yang dimiliki oleh Bapak Irawan sebagai Kepala Desa petahana berpengaruh kuat pada suatu pengambilan keputusan yang diiringi dengan reputasi dan legitimasi serta pengalaman organisasi. Hal tersebut menjadi modal politik kuat bagi Kepala Desa petahana dalam memperoleh suara kemenangan pilkades Desa Ujung Baru. Terakhir Bapak Irawan Kepala Desa petahana dalam pelaksanaan kampanyenya mengundang masyarakat untuk menyerap aspirasi sekaligus mengadakan makan bersama, dan biaya yang digunakan pada agenda tersebut bersumber dari dana pribadi Kepala Desa petahana, Tindakan ini termasuk dalam cakupan modal ekonomi pada pelaksanaan kampanye tersebut. Disamping itu faktor kemenangan Bapak Irawan Kepala Desa petahana diantaranya pertama, segmentasi usia. Bapak Irawan mennganalisis kemudian memberdayakan potensi yang dimiliki para pemuda desa. kedua positioning politik. Bapak Irawan menjadikan dirinya sebagai jembatan atau penghubung antara perusahaan yang ada di Desa dengan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan lowongan pekerjaan.

Kepada Kepala Desa terpilih diharapkan mampu menjalankan program kerja dan mampu menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh masyarakat secara konsisten sampai habis masa jabatan sehingga tidak timbul rasa kecewa bagi masyarakat. Kepada calon kandidat di dalam mengikuti arena kontestasi Pemilihan Kepala Desa di periode yang akan datang diharapkan penelitian ini sebagai bahan rujukan dan pertimbangan agar bisa melihat peluang dan memperoleh kemenangan pada Pemilihan Kepala Desa yang ada di Desa masing-masing.

Kata Kunci: Strategi, Kepala Desa Petahana, Pilkades

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI