DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT! TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS X SMK NEGERI 1 KOTABARU
PENGARANG:WAHYU SETIAWAN SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-07


Dimasa pandemi Covid-19 pembelajaran di sekolah dilakukan melalui sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) yang dapat dilaksanakan dimana saja apabila terdapat jaringan internet.Akantetapi, pembelajaran daring menyebabkan pembelajaran sejarah di SMK Negeri1 Kotabaru mangalami penurunan minat belajar siswa. Guru juga mendapat permasalahan lain, seperti kurangnya sarana dan prasarana untuk menggunakan media pembelajaran yang lebih interaktif, seperti  media kahoot! sehingga minat belajar siswa menjadi kurang. Hal ini terjadi karena guru cenderung hanya menggunakan media belajar sederhana seperti power point (PPT). Padahal media pembelajaran merupakan sarana atau alat bantu yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media kahoot! terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah siswa di SMK Negeri 1 Kotabaru.Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 1 Kotabaru. Dengan teknik purposive sampling, maka ditentapkan sampel penelitian ini adalah kelas X RPL sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data akan di uji sebanyak tiga kali, yaitu dengan uji prasyarat, uji homogenitas dan uji hipotesis.

Hasilperhitungan melalui uji-t, data minat belajar kelas eksperimen memiliki rata-rata 118,1818, sedangkan minat belajar pada kelas kontrol rata-rata 80,2333. Dari data tersebut, Independent Samples Test menunjukkan bahwa nilai sig. 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima.Dapatdisimpulkan bahwa setelah diberikan perlakuan menggunakan uji-t dengan Independent Samples Test terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan Media Kahoot! terhadap minat belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kotabaru.

 

                    

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI