DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Uji Efektivitas Larutan Tanaman Bintaro (cerbera mangas) Dalam Menekan Serangan Penyakit Moler pada Bawang Merah (Allium ascalonicum L)
PENGARANG:DAYATULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-08


  • ABSTRAK

Bawang merah yang sejak lama dibudidayakan secara intensif oleh petani dan merupakan bagian dari kategori Bumbu Nonsubstitusi yang digunakan untuk penyedap rasa bahan makanan maupun obat tradisional Ini adalah salah satu komoditas sayuran utama. Dalam proses produksinya ditemukan berbagai gangguan, diantaranya yaitu serangan patogen penyebab penyakit moler. Penelitian ini akan mengkaji efektivitas larutan tanaman bintaro dalam menurunkan intensitas serangan penyakit Moler pada tanaman bawang merah di lahan gambut.

Penelitian dilakukan di Laboratorium Fitopatologi, Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru dan di Desa Tegal Arum, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada bulan Juni hingga Oktober 2022.Rancangan acak lengkap yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan digunakan dalam penelitian ini. Perlakuan yang diuji yaitu aplikasi buah bintaro tua, buah bintaro muda, daun bintaro ditambah 1 perlakuan kontrol. Aplikasi pestisida nabati dilakukan dengan mengocorkan larutan ke permukaan tanah tiap-tiap tanaman bawang merah sebanyak 5 ml per tanaman yang dilakukan sebanyak 7 kali dengan interval pemberian selama 1 minggu. Parameter yang diamati adalah intensitas serangan penyakit moler, jumlah umbi, berat basah umbi dan diameter umbi bawang merah. Hasil dari penelitian telah menunnjukkan bahwa masa inkubasi patogen penyebab penyakit moler adalah 14 hari. Aplikasi larutan tanaman bintaro tidak mampu menekan kejadian penyakit moler  bawang merah di lahan gambut dan tidak mampu meningkatkan jumlah umbi bawang merah, akan tetapi aplikasi buah bintaro tua, mampu meningkatkan bobot basah umbi sebesar 41kg/ha dan diameter umbi sebesar 2%.

Kata kunci: Bawang merah, Fusarium oxysporum, Lahan Gambut

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI