DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN OBJEK WISATA PANTAI PAGATAN OLEH DINAS KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN, OLAHRAGA DAN PARIWISATA KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:MUHAMMAD ULUL AMRY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-08


ABSTRAK

Muhammad Ulul Amry, 1810413310009. Program Studi Ilmu Pemerintahan. “Manajemen Objek Wisata Pantai Pagatan Oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu”. Skripsi dibawah bimbingan Ibu Farah Qubayla.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen Kabupaten Tanah Bumbu dalam mengelola objek wisata di Pantai Pagatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian didapatkan melalui analisis konsep milik M. Liga Suryadana dan Vanny Octavia (2020) mengenai pengembangan pariwisata memiliki enam komponen yaitu, attraction, accessbilities, amenities, acomodation, activity, dan ancillary service.Hasil penelitian menunjukkan enam komponen tersebut belum berjalan baik dan optimal, masih ada yang perlu diperbaiki dari masing-masing komponen tersebut.

 Saran dalam penelitian ini adalah agar Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dapat segera mengembangkan dan memberikan inovasi-inovasi baru untuk objek wisata Pantai Pagatan. Dan kemudian juga Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu harus bekerja sama dengan masyarakat dan sektor swasta untuk pengelolaan dan pengembangan pariwisata agar pembangunan di Pantai Pagatan dapat berjalan optimal.

Kata kunci:  Manajemen Pariwisata, Peran Pemerintah Daerah, Hambatan Pariwisata

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI