DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPACARA ADAT MACCERATASI MASYARAKAT NELAYAN SUKU MANDAR DI DESA SARANG TIUNG KECAMATAN PULAU LAUT UTARA KABUPATEN KOTABARU TAHUN 1990-2020
PENGARANG:MUHAMMAD IRFAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-11


ABSTRAK

 

Muhammad Irfan (1810111210008). 2023. Upacara Adat Macceratasi Masyarakat Nelayan Suku Mandar di Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru Tahun 1990-2020. (I): Drs. Rusdi Effendi, M.Pd.; (II): Sriwati, S.Pd., M.Pd.

 

Upacara Adat Macceratasi adalah upacara tradisional masyarakat Nelayan Suku Mandar di Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru yang merupakan manifestasi dari kepercayan masyarakat Luwu Raya, yang dibawa oleh Suku Mandar dari Sulawesi Selatan ke Kabupaten Kotabaru. Upacara ini sudah ada sejak Abad ke-19 sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Sekitar tahun 1990-an upacara ini bersifat mistis serta terbatas, lalu tahun 2001-an berkembang menjadi terbuka maupun destinasi wisata, dan tahun 2011-an berkembang lagi menjadi kalender event wisata resmi tahunan.

Upacara ini juga memiliki beberapa nama yang terkandung didalamnya. Tujuan penelitian ini menjelaskan latar belakang, perkembangan, serta makna Upacara Adat Macceratasi tahun 1990-2020. Metode penelitian menggunakan metode sejarah melalui tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.

Pada tahap heuristik dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan sekunder yang terdiri dari sumber data lisan, tertulis dan benda, sementara teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi tidak langsung. Tahap berikutnya kritik yang terdiri atas kritik internal dan eksternal, dilanjutkan interpretasi, yakni menafsirkan data sejarah yang diperoleh. Terakhir historiografi, menuliskan data dan fakta yang sudah dikumpulkan, diseleksi, dan disimpulkan dalam bentuk karya tertulis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa situasi maupun kondisi sosial, politik serta ekonomi pada abad ke-17 dan 18, merupakan tahun awal terjadinya migrasi penduduk Sulawesi Selatan ke daerah lain di Nusantara, yang diantaranya migrasi Suku Mandar ke Kabupaten Kotabaru terjadi dalam tiga periode. Periode pertama terjadi pada abad ke-17 dan 18 sampai tahun 1950, periode kedua pada tahun 1950-1970, dan tahap terakhir dari tahun 1970-1990. Selain bermigrasi, migran Mandar juga membawa tradisinya, seperti Upacara Adat Macceratasi yang hingga kini masih berkembang pada Masyarakat Nelayan Suku Mandar di Desa Sarang Tiung. Terdapat prosesi khusus dalam upacara yang kemudian mengalami perkembangan sejak tahun 1990-2010.

Kesimpulan penelitian bahwa Upacara Macceratasi merupakan tradisi yang dibawa Suku Mandar dari Sulawesi Selatan dan berkembang pada masyarakat Nelayan Mandar di Desa Sarang Tiung yang terjadi dalam tiga periode. Pada kurun waktu tahun 1990-2001, upacara bersifat mistis dan terbatas, lalu periode tahun 2001-2011, upacara menjadi terbuka dan destinasi wisata, dan  periode tahun 2011- 2020, upacara sudah menjadi kalender event wisata resmi tahunan. Upacara Adat Macceratasi ini mempunyai beberapa makna yaitu makna ritual, religi, ekologis dan integrasi sosial.

Kata Kunci : Maccerattasi, Nelayan, Mandar, Upacara, Kotabaru

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI