DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB TOPIK SEGI BANYAK BERATURAN DAN LINGKARAN METODE DRILL AND PRACTICE
PENGARANG:NAILY ARIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-13


Abstrak. Penting bagi siswa sekolah dasar untuk mempelajari pembelajaran geometri terkait konsep bangun datar. Pemahaman bentuk-bentuk geometris merupakan konsep dasar dalam matematika yang akan membantu siswa lebih mudah memahami konsep-konsep matematika lainnya, seperti luas, keliling, simetri, dan sebagainya. Kendala atau masalah yang sering dialami oleh siswa adalah bingung dalam memahami perbedaan antara sisi dan sudut dalam segi banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis web topik segi banyak beraturan dan lingkaran menggunakan metode drill and practice. Penelitian ini, metode pengembangan yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang sudah dibatasi. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web untuk topik segi banyak beraturan dan lingkaran kelas v menggunakan metode drill and practice yang dibuat dengan menggunakan teknologi HTML, CSS, Boostrap, Javascript, Firebase, JSON, Draw.io, MathJax, Geogebra, Canva, Balsamiq, Capcut, OBS Studio dan Netlify. Peneitian menunjukan bahwa media pembelajaran termasuk valid, dengan nilai validitas materi sebesar 93% yang dikategorikan sangat tinggi dan nilai validitas media sebesar 75% yang termasuk dalam kategori tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada topik segi banyak beraturan dan lingkaran dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 Kata kunci: Media pembelajaran interaktif; segi banyak beraturan dan lingkaran; drill and practice; research and development; ADDIE.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI