DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Penataan Ruang dalam Penanggulangan Banjir dan Genangan Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin
PENGARANG:HASNA AANISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-13


Hasna Aanisah, 1910413220050, Strategi Penataan Ruang Dalam Penanggulangan Banjir dan Genangan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Budi Suryadi.

 

            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi penataan ruang dalam penanggulangan banjir dan genangan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari kepala bidang tata ruang, kepala bidang drainase dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penataan ruang dalam penanggulangan banjir dan genangan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  Kota Banjarmasin  berjalan dengan baik. Perencanaan tata ruang untuk mengatur pola tata ruang kota Banjarmasin mengetahui penataan dan pengelolaan ruang di lingkungan yang di pilih dengan memberikan rekomendasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) ke Rencana Detail Tata Ruang (RDTR)  dan di Implementasikan ke website Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU) yang bisa di akses masyarakat. Perencanaan tata ruang. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dalam aksinya melakukan pengerukan tepi sungai, pembangunan drainse dan mengkonektivitas saluran drainase ke drainase lain bertujuan untuk melancarkan aliran, mengurangi banjir dan genangan di Kota Banjarmasin.

 

            Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disarankan bahwa strategi penataan ruang dalam penanggulangan banjir dan genangan perlu ditingkatkan dalam melakukan aksinya sehingga banjir dan genangan yang terjadi bisa cepat di atasi.

 

Kata Kunci : Strategi, Penataan Ruang, Banjir dan Genangan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI