DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI SIMPUN DI KECAMATAN AMUNTAI TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:AKHMAD REZA HAITAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-14


ABSTRAK

 

Akhmad Reza Haitami, 1810413310015, Efektivitas Pelayanan Publik Melalui SIMPUN di Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dibimbing oleh Bapak Arif Rahman Hakim.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif pelayanan publik berbasis elektronik yang diprogramkan oleh DISDUKCAPIL melalui program aplikasi sistem informasi manajemen kependudukan atau yang disingkat dengan SIMPUN kepada masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara khususnya di Kecamatan Amuntai Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan informan penelitian adalah Kepala DISDUKCAPIL, staff di pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabid E-Government dan infrastruktur TIK di Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian dan penerima pelayanan aplikasi SIMPUN di Kecamatan Amuntai Tengah.

Hasil penelitian efektivitas pelayanan publik melalui SIMPUN dalam pelayanan kependudukan berbasis elektronik di Kabupaten Hulu Sungai Utara tidaklah efektif teruntuk pelayanan publik di DISDUKCAPIL Kabupaten Hulu Sungai Utara teruntuk masyarakatnya sendiri lebih banyak menggunakan metode aplikasi Whatsapp. Efektivitas pelayanan publik melalui SIMPUN di Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara, tidak efektif dalam memenuhi keempat indikator pengukuran efektivitas yang telah dikemukakan Subagyo (2000). Mengenai sosialisasi program dari pihak DISDUKCAPIL sudah tidak lagi mensosialisasikan aplikasi SIMPUN hingga saat ini, ketepatan sasaran program pada pelayanan publik melalui SIMPUN tersebut merujuk ke masyarakat yang sudah berumur 17 tahun. Terkait pemantauan program pada pelayanan publik melalui aplikasi SIMPUN tersebut masih dilakukan Pemantauan untuk perkembangan Aplikasi SIMPUN itu sendiri oleh pihak DISDUKCAPIL terhadap kinerja programnya aplikasi pelayanan publik melalui SIMPUN tersebut tidak bisa digunakan. Pelayanan publik melalui SIMPUN terkait tujuan program pada saat ini yang tidak efektif dikarenakan keamanan data dan tidak ada izin dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia untuk meluncurkan aplikasi SIMPUN hingga saat ini.

Penulis menyarankan agar pengenalan pelayanan publik melalui aplikasi sangat penting dalam melakukan sosialisasi program terkait aplikasi SIMPUN tersebut tidak hanya pada desa tertentu, sehingga sebagian besar masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara juga mengetahui lebih banyak tentang aplikasi tersebut, dan sasaran program pun bisa dikatakan tepat, agar semakin banyak masyarakat yang ingin menggunakan layanan publik mengenai SIMPUN dan ingin mengetahui perkembangan aplikasi yang telah disosialisasikan, sehingga tujuan penyelenggaraan pelayanan publik melalui SIMPUN dapat dikatakan tepat sasaran. Kata Kunci : Efektivitas Pelayanan Publik, Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik,Pelayanan Publik Melalui SMPUN, Pelayanan Publik


ABSTRACT

 

Akhmad Reza Haitami, 1810413310015, Effectiveness of Public Services Through SIMPUN in Amuntai Tengah District, Hulu Sungai Utara District. Supervised by Mr. Arif Rahman Hakim.

The purpose of this study was to determine how effective Electronic-Based Public Services are programmed by the Population and Civil Registration Office through the Population Management Information System Application program or abbreviated as SIMPUN to the people of Hulu Sungai Utara Regency, especially in North Amuntai District. This research uses qualitative methods. Data collection is done by means of observation, interview, and documentation. The data used for this research are primary data and secondary data with research informants being the Head of the Population and Civil Registration Office, Staff at the Population and Civil Registration Office services, Head of E-Government and ICT infrastructure at the Informatics Communication and Coding Office and recipients of SIMPUN application services in Central Amuntai District.

Research Results The effectiveness of public services through SIMPUN in electronic-based population services in Hulu Sungai Utara Regency is not effective, for public services at the Population and Civil Registration Office of Hulu Sungai Utara Regency for the community itself, more people use the Whtasapp application method. The effectiveness of public services through SIMPUN in Central Amuntai District, Hulu Sungai Utara Regency, is not effective in meeting the four indicators of effectiveness measurement that have been put forward by Subagyo (2000). Regarding the socialization of the program from the Population and Civil Registration Office, the SIMPUN application has no longer been socialized until now, targeting accuracy The program on public services through SIMPUN refers to people who are 17 years old. related to program monitoring on public services through the SIMPUN application, monitoring is still carried out for the development of the SIMPUN application itself by the Population and Civil Registration Office on program performance, public service applications through SIMPUN cannot be used. Public services through SIMPUN related to Program Objectives are currently ineffective due to data security and no permission from the Ministry of Home Affairs of the Republic of Indonesia to launch the SIMPUN application to date.

The author suggests that the introduction of public services through applications is very important in socializing programs related to the SIMPUN application, not only in certain villages, so that most people in Hulu Sungai Utara Regency also know more about the application. and the target of the program can be said to be appropriate, so that more people want to use public services regarding SIMPUN and want to know the development of applications that have been socialized, so that the purpose of implementing public services through SIMPUN can be said to be right on target.

Keywords: Effectiveness of Public Services, Electronic Based Service System, Public Service Through SMPUN, Public Administration

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI