DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN KREDIT UNTUK MASYARAKAT DAN MENENGAH MASA PANDEMI COVID-19 PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MEILINDA SUKMAWATI PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-15


ABSTRAK

Penelitian ini ingin melihat pengaruh dari CAR, NPL, dan suku bunga BI terhadap penyebaran kredit di BPR di Kalimantan Selatan. Industri perdagangan, perkebunan, dan pertanian mengalami penurunan akibat covid 19. Sektor keuangan khususnya perbankan juga mengalami ancaman ketidakmampuan dunia usaha untuk membayar pinjaman. Pada tahun 2019 dan 2020 penyaluran kredit melalui Bank Perkreditan Rakyat mengalami peningkatan dan penurunan penyaluran kredit selama bulan Januari 2019 hingga Desember 2020 namun pada bulan Mei 2020 mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian deskriftif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Objek yang diteliti adalah penyaluran kredit untuk masyarakat dan menengah pada masa pandemik covid-19 di Kalimantan Selatan. Teknis analisis data yang digunakan adalah regresi data panel. Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji chow, hausman, dan uji hipotesis.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa suku bunga tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit. CAR tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit.. NPL tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit. Berdasarkan nilai adjusted R-Square bahwa kemampuan variabel independent dalam menjelaskan variabel dependen adalah sebesar 25,5%, sisanya sebesar 74,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar dari model.

Kata Kunci : NPL, CAR, Suku Bunga, Kredit

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI