DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“Keberadaan Cacing, Semut dan Rayap Sebagai Pengaruh Pemanfaatan Lahan Gambut untuk Kelap Sawit
PENGARANG:EUNIKE APRILIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-20


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tanaman kelapa sawit terhadap keberadaan cacing, semut dan rayap pada lahan gambut. Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Kampung Baru Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan dan Laboratorium Jurusan Tanah Universitas Lambung Mangkurat.

Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan analisis deskriptif. Pengambilan sampel tanah dilakukan pada 20 titik pengambilan sampel. Pengambilan sampel cacing, semut dan rayap dilakukan dengan teknik hand sortir.Teknik hand sortir dilakukan dengan menggali tanah seluas 30 cm x 30 cm dengan kedalaman 30 cm, sampel tanah yang sudah diambil tersebut akan diamati dan dipisahkan makrofauna cacing, semut dan rayap yang ada di dalamnya. Makrofauna yang didapat akan diawetkan menggunakan formalin 4% untuk kemudian dilakukan identifikasi.

Hasil penelitian yang dilakukan didapatkan perbedaan keberadaan serta jumlah populasi cacing, semut dan rayap pada lahan gambut yang sudah ditanami kelapa sawit dengan lahan gambut yang belum ditanami kelapa sawit.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI