DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:Muhammad Rifki Fauzi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-22


ABSTRAK

Muhammad Rifki Fauzi, 1810413310008, 2023, “Efektivitas Pelayanan Dalam Pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu” dibimbing oleh Budi Suryadi. Penelitian ini dilatarbelakangi tentang upaya Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar hak-hak sipil setiap warga Negara atas pelayanan. Undangundang dasar 1945 mengamanatkan kepada Negara untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap warga Negara demi kesejahteraan, sehingga efektivitas suatu sistem pemerintahan amat ditentukan oleh baik buruk pelaksanaan pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas Pelayanan Dalam Pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai permasalahan-permasalahan yang diteliti, megedintifikasi serta menjelaskan data yang ada secara sistematis. Dalam penelitian ini, informan penelitian ditentukan dengan teknik Triangulasi melalui wawancara kepada beberapa informan yang dianggap dapat memberikan informasi yang jelas terkait Efektivitas Pelayanan Dalam Pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu. Selain teknik wawancara, juga dilakukan observasi dan dokumentasi untuk mendukung hasil penelitian. Adapun untuk teknik analisi data dalam penelitian ini melalui empat alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pelayanan Dalam Pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan berdasarkan ukuran efektivitas yang diteliti yakni pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Dilihat dari pecapaian tujuan hampir seluruh masyarakat sudah memiliki kartu keluarga, integrasi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu sudah berjalan dengan baik yang berkoordinasi dengan SKPD terkait seperti desa-desa yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, dan adaptasinya pun sudah berjalan dengan baik karena masyarakat mampu menggunakan inovasi-inovasi yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu seperti inovasi Detak-Detik yang mana bekerjasama dengan 92 desa di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, Kartu Keluarga.

 

ABSTRAK

Muhammad Rifki Fauzi, 1810413310008, 2023, "Effectiveness of Services in Making Family Cards at the Population and Civil Registration Office of Tanah Bumbu Regency" supervised by Budi Suryadi. This research is motivated by the Government's efforts to meet the basic needs of every citizen's civil rights for service. The 1945 Constitution mandates the State to fulfill the basic needs of every citizen for the sake of welfare, so that the effectiveness of a government system is largely determined by the merits of the implementation of public services. The purpose of this study was to find out and describe the effectiveness of services in making family cards at the Department of Population and Civil Registration of Tanah Bumbu Regency. This study uses a qualitative approach with the type of research used descriptive which is intended to provide a clear picture of the problems studied, identify and explain the existing data systematically. In this study, research informants were determined using the triangulation technique through interviews with several informants who were considered to be able to provide clear information regarding the effectiveness of services in making family cards at the Department of Population and Civil Registration of Tanah Bumbu Regency. In addition to interview techniques, observation and documentation were also carried out to support the research results. As for data analysis techniques in this study through four channels, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that the Effectiveness of Services in Making Family Cards at the Office of Population and Civil Registration of Tanah Bumbu Regency has been going well. This is evidenced by the effectiveness measures studied, namely goal attainment, integration, and adaptation. Judging from the achievement of the goal, almost all people already have family cards, the integration carried out by the Tanah Bumbu Regency Population and Civil Registration Service has been going well in coordination with related SKPDs such as the villages in Tanah Bumbu Regency, and the adaptation has gone well because the community is able to use innovations issued by the Tanah Bumbu Regency Population and Civil Registration Service such as the Detak-Detik innovation which collaborates with 92 villages in Tanah Bumbu Regency.

Keywords: Effectiveness, Service, Family Card. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI