DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:AIRUL SYAHRIF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-23


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Pengaruh jumlah kunjungan wisatawan dan jumlah objek wisata terhadap penyerapan tenaga kerja di Kalimantan Selatan. 2) Pengaruh jumlah kunjungan wisatawan,jumlah objek wisata dan penyerapan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Selatan. 3) Pengaruh jumlah kunjungan wisatawan dan jumlah objek wisata melalui penyerapan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Selatan.

Penelitian ini dilakukan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data time series yang dimulai tahun 2011 hingga tahun 2021. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi jumlah kunjungan wisatawan, jumlah objek wisata, penyerapan tenaga kerja, dan pertumbuhan ekonomi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur atau path analysis.

 

Berdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa jumlah kunjungan wisatawan dan jumlah objek wisata berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Selatan. Jumlah kunjungan wisatawan, jumlah objek wisata, dan penyerapan tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Selatan.Secara tidak langsung jumlah kunjungan wisatawan tidak berpengaruh siginifikan terhadap pertumbuhan ekonomi melalui penyerapan tenaga kerja. Sedangkan, secara tidak langsung jumlah objek wisata berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi melalui penyerapan tenaga kerja. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI