DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan
PENGARANG:AMIRUL WAHID MARGONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-24


Amirul Wahid Margono (2023), Pengaruh Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan. Pembimbing : Muhamad Rusmin Nuryadin.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan. Data diperoleh dari data sekunder yaitu cross section 13 Kabupaten/Kota dan time series 2007-2019. Metode yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan Fixed Effect Model melalui program software EViews 13. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja dan Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan. Secara parsial TPAK berpengaruh signifikan dan positif sedangkan IPM berpengaruh signifikan dan negatif.

Kata Kunci :  Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, Indeks Pembangunan Manusia, Pertumbuhan Ekonomi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI