DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANGKUTAN GEROBAK SAPI SEBAGAI PENUNJANG USAHA MASYARAKAT DESA PEMATANG KARANGAN HILIR KECAMATAN TAPIN TENGAH KABUPATEN TAPIN TAHUN 1970-2021
PENGARANG:JAMALUDDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-25


 

Skripsi ini membahas tentang angkutan transportasi tradisional darat yang memiliki berbagai jenis, antara lain gerobak sapi. Namun dengan perkembangan zaman angkutan gerobak ini semakin ditinggalkan. Seperti halnya di salah satu desa di Kabupaten Tapin masyarakatnya masih menggunakan alat transportasi tradisional untuk keperluan mereka sehari-hari sejak tahun 1970-an sampai tahun 2000-an. Namun pada tahun 2021 transportasi tradisional tersebut sudah ditinggalkan oleh masyarakat karena sudah banyak alat transportasi yang lebih modern untuk menunjang perekonomian masyarakat Desa Pematang KaranganHilir.

 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) transportasi angkutan gerobak sapi pada tahun 1970-2021, (2) sistem kepemilikan angkutan gerobak sapi, dan (3) penyebab angkutan gerobak sapi ditinggalkan oleh para penggunanya di  Desa Pematang Karangan Hilir Kecamatan Tapin Tengah KabupatenTapin.

 

Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Tahap pertama yaitu pengumpulan sumber yang dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka dilakukan untuk mendapatkan data tertulis, sedangkan studi lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer secara langsung. Setelah data terkumpul dilakukan kritik untuk melihat keaslian sumber. Tahap selanjutnya interpretasi yaitu menganalisis data-data yang telah dikritik. Terakhir yaitu tahap historiografi yaitu menyajikan data kedalam bentuk tulisan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jumlah angkutan gerobak sapi dari tahun ke tahun semakin berkurang, dari 80 buah pada tahun 1970 tinggal tersisa 3 buah pada tahun 2021, (2) Sistem kepemilikan angkutan gerobak sapi ada yang milik pribadi dan sistem sewa, (3) Transportasi gerobak sapi ditinggalkan oleh para penggunanya karena muncul angkutan bertenaga mesin, dibangunnya insfrastruktur jalan darat, dan berkurangnya komuditas yang diangkut menggunkan gerobak sapi.

 

Kesimpulan dari penelitian ini angkutan gerobak sapi tidak lagi menjadi alat transportasi utama untuk mengangkut barang karena telah digantikan oleh angkutan tenaga mesin yang mempermudah masyarakat.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI