DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN, REPUTASI KAP DAN KONSERVATISME AKUNTANSI TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019)
PENGARANG:HAPSAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-26


  Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh proporsi komisaris independen, reputasi KAP dan konservatisme akuntansi terhadap penghindaran pajak. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsi komisaris independen, reputasi KAP dan konservatisme akuntansi. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah penghindaran pajak yang diukur menggunakan Cash Effective Tax Rates (CETR).

Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2019. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah dengan metode nonprobability sampling yaitu teknik purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 171 sampel selama 3 periode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang diolah dengan aplikasi SPSS.

Hasil analisis penelitian ini menunjukkan proporsi komisaris independen tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap penghindatan pajak. Konservatisme akuntansi berpengaruh tehadap penghindaran pajak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI