DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Tingkat Pendapatan, Penurunan Tarif, Perubahan Cara Pembayaran, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi UMKM Terdaftar Di KPP Pratama Banjarmasin)
PENGARANG:KAMILA WINDYANI PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-26


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruhvariabel independen yang meliputi tingkat pendapatan, penurunan tarif, perubahan cara pembayaran, sanksi pajak terhadap variabel dependen yang dimoderasi oleh variabel moderasi. Variabel dependen yang digunakan adalah kepatuhan wajib pajak. Sedangkan variabel moderasi yang digunakan adalah sosialisasi perpajakan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan sebagai objek penelitian adalah seluruh Wajib Pajak (WP)Orang Pribadi (OP) UMKM yang terdaftar danwajib lapor di KPP Pratama Banjarmasin. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 145 sampel Wajib Pajak (WP)Orang Pribadi (OP) UMKM. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan Moderating Regression Analysis (MRA).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan, penurunan tarif pajak, perubahan cara pembayaran dan sanksi pajak terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi UMKM yang terdaftar pada KPP Pratama Banjarmasin. Hasil penelitian melalui uji MRA membuktikan bahwa sosialisasi perpajakan terbukti secara empiris sebagai variabel yang memoderasi pengaruh tingkat pendapatan, penurunan tarif, perubahan cara pembayaran dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi UMKM yang terdaftar pada KPP Pratama Banjarmasin.

 

Kata Kunci: Kepatuhan Wajib Pajak, Tingkat Pendapatan, Penurunan Tarif, Perubahan Cara Pembayaran, Sanksi Pajak, Sosialisasi Perpajakan, UMKM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI