DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PRODUKSI PERIKANAN DAN EKSPOR TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DALAM ZONA EKONOMI EKLUSIF (ZEE) DI KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:FEBRI TRI ATMAJI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-27


Febri Tri Atmaji, (2023) Analisis Produksi Perikanan Dan Ekspor Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dalam Zona Ekonomi Eklusif (ZEE) Di Kabupaten Kotabaru.

Pembimbing : Yunita Sopiana

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produksi perikanan laut, produksi perairan umum, dan ekpor ikan terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Kotabaru tahun 2009-2020. Ruang lingkup penelitian ini peneliti berfokus pada variabel yang akan diteliti yaitu Produksi Perikanan Laut, Produksi Perairan Umum, dan Ekspor Ikan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kotabaru tahun 2009-2020. Data tahunan dalam bentuk data kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah Ordinary Least Square (OLS). Program Eviews berfungsi sebagai perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini.

Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa produksi perikanan laut dan produksi perairan umum positif dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Kotabaru dan ekspro ikan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Kotabaru. Berdasarkan hasil penelitian, produksi perikanan laut, produksi perairan umum, dan ekspor ikan merupakan tiga variabel independen yang digunakan. Produksi perikanan laut merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Kotabaru. Berdasarkan hasil uji F, produksi perikanan laut, produksi perairan umum, dan ekspor ikan berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Kotabaru.

Kata Kunci: Produksi Perikanan Laut; Produksi Perairan Umum; dan Ekspor Ikan; Pendapatan Asli Daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI