DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perbandingan Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Tabak Kanilan Dan Di Desa Ruhing Raya Kecamatan Gunung Bintang Awai
PENGARANG:YUSTIA FRANSISKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-29


ABSTRAK

Yustia Fransiska, Nomor Induk Mahasiswa 1910413320035, Program Studi 

Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Social Dan Ilmu Politik, Universitas Lambung 

Mangkurat menyusun skripsi dengan Judul Perbandingan Pengelolaan Alokasi 

Dana Desa Di Desa Tabak Kanilan Dan Di Desa Ruhing Raya Kecamatan 

Gunung Bintang Awai dibawah bimbingan Bapak Pathurrahman, sebagai 

pembimbing.

Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui dan menganalisis Perbandingan Pengelolaan Alokasi dana Desa pada kantor desa Tabak Kanilan dan desa Ruhing Raya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan analisis data komperatif dengan membandingkan antara dua desa  dan informan penelitian ada 6 orang yaitu pemerintah desa (desa Tabak Kanilan dan desa Ruhing Raya).

Penelitian ini menunjukkan bahwa warga Tabak Kanilan kurang  berminat untuk menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan dan lebih mengutamakan pekerjaannya dibandingkan kegiatan lainnya. Masyarakat Tabak Kanilan dapat mengetahui lebih banyak tentang tindakan pemerintah desa berkat adanya papan informasi yang transparan. Sebaliknya, masyarakat Desa Ruhing Raya sangat antusias dengan musrembang ini karena memberikan kesempatan bagi mereka untuk menyuarakan harapan dan impian mereka secara terbuka, dan mereka juga menjalankan semuanya sendiri tanpa bantuan pihak luar. Pemerintah Desa Ruhing Raya telah membuat papan informasi bagi masyarakat agar setiap orang dapat mengetahui berbagai kegiatan yang telah berlangsung. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, jelas bahwa sangat penting bagi masyarakat untuk terlibat dalam seluruh tahapan proses perencanaan pembangunan untuk memastikan bahwa produk akhir sejalan dengan harapan masyarakat dan tercapainya keterbukaan.

Kata Kunci: Perbandingan, Pengelolaan Keuangan Desa, Alokasi Dana Desa,

asas pengelolaan keuangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI