DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN TEKNIK TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA SISWA TUNARUNGU SLBN 1 MARTAPURA
PENGARANG:DINA SALSABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-09-29


Abstrak. Penelitian ini tentang siswa tunarungu yang sulit untuk berkomunikasi dalam pembelajaran. hal ini menyebabkan anak kesulitan untuk mengikuti pembelajaran di sekolah, berkaitan dengan hal itu maka, penelitian ini memberikan modifikasi perilaku teknik token ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi anak tunarungu dalam pembelajaran.     Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan jenis penelitian SSR (Single Subject Research). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A, dengan A pertama merupakan tahap baseline 1, B merupakan tahap intervensi, dan A kedua merupakan tahap baseline 2. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah satu orang tunarungu. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan pencatatan data selama periode pengumpulan, dan 3 pengamat membantu menganalisis data. Terdapat peningkatan kemampuan konsentrasi belajar anak tunarungu di SDLB 1 Martapura dalam kegiatan menulis melalui teknik token ekonomi. Peningkatan ini sangat terlihat jelas dari durasi anak yang meningkat dalam setiap sesinya. Berdasarkan hasil penelitian maka hasil penelitian akan bermanfaat bagi anak, orang tua, guru, dan peneliti selanjutnya.

 

 

 

Kata kunci : Konsentrasi, Teknik Token Ekonomi, Tunarungu

 

 

 

Abstract. This research is about deaf students who find it difficult to communicate in learning. This makes it difficult for children to follow learning at school, related to that, this study provides behavior modification token economy techniques that aim to increase the concentration of deaf children in learning. This study used a quantitative approach with SSR (Single Subject Research) research type. The design used in this study is A-B-A where the first A is the baseline stage 1, B is the intervention  7stage, and the second A is the baseline stage 2. The subjects in this study were one deaf student. The data collection technique uses documentation and recording of duration data assisted by 3 observers. Data analysis techniques use visual analysis of graphs which include analysis under conditions and analysis between conditions. The results of the presentation of the data obtained by the researchers can be concluded that there is an increase in the ability to concentrate on learning of deaf children at SDLB 1 Martapura in writing activities through token economy techniques. This increase is very evident from the duration of the child who increases in each session. Based on the results of the study, the results of the study will be useful for children, parents, teachers, and further researchers.

 

 

 

Keyword : Concentration, Token Economy Techniques, Deaf

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI