DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMK NEGERI 1 TANAH GROGOT
PENGARANG:MUHAMMAD SYAFIQ ANSHORI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-01


Muhammad Syafiq Anshori. 2023. Analisis Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI SMK Negeri 1 Tanah Grogot. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M. Pd. (II) Rizky Ildiyanita, M. Psi, Psikolog

Kata Kunci: Motivasi belajar

            Sebagian siswa di SMK Negeri 1 Tanah Grogot mengalami penurunan semangat belajar dikarenakan tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran kejuruan sangat sulit dipahami. Hal ini berkaitan dengan menurunnya nilai siswa sehingga dapat dikatakan mereka tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Tanah Grogot.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket motivasi belajar dengan skala likert, dengan jumlah populasi 352 siswa lalu didapat sampel sebanyak 78 siswa menggunakan tingkat kesalahan 10%. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik random sampling.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 6 (7,69%) siswa yang memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi, 15 (19,23%) siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, 26 (33,33%) siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, 27 (34,61%) siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dan 4 (5,12%) siswa yang memiliki motivasi belajar sangat rendah. Dilihat dari kriteria siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah memiliki klasifikasi sebesar 34,61%. Artinya siswa di kelas XI SMK Negeri 1 Tanah Grogot memiliki motivasi belajar yang rendah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI