DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
PENGARANG:DIKA LESTARI JOUHARWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-02


Pada zaman yang serba digital ini menuntut pembelajaran pun harus digital. Tak sebanding dengan itu, bahan ajar yang digunakan di sekolah masih menggunakan bahan cetak dan dianggap kurang menarik oleh peserta didik. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika biasa menjadi e-modul pada materi fluida statis guna menghasilkan pembelajaran yang menarik menggunakan  flipbook PDF corporate untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan khusus penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul yang dikembangkan. model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE  dan uji coba penelitian menggunakan one group pre-test and post-test design pada 31 peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrumen validasi e-modul, tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) e-modul termasuk baik karena validitas isi dan konstruknya masing-masing 3,32 dan 3,39 dengan kategori baik, (2) e-modul termasuk efektif karena diperoleh N-gain sebesar 0,68 dalam kategori sedang,(3) dan e-modul termasuk praktis karena diperoleh respon peserta didik sebesar 3,22 dengan kategori praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul pada materi flluida statis dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI