DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif dalam Ceramah Ustad Das,ad Latif di Youtube
PENGARANG:WINDA RIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-05


ABSTRAK

 

Riyanti, Winda. (2023). Tindak Tutur Direktif dan Ekpresif dalam Ceramah Ustad

Das’ad Latif di Youtube. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa danSeni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Banjarmasin,  Pembimbing I : Prof. Dr. Jumadi, M.Pd.; Pembimbing II : Dr. Noor Cahaya, M.Pd.

 

Kata Kunci: Tindak tutur, direktif, ekspresif, dan ceramah.

 

Manusia tidak terlepas dari pemakaian bahasa. Jika dilihat dari segi fungsinya, bahasa merupakan suatu alat yang digunakan untuk memberikan informasi antara komunikasi yang satu dengan yang lain. Bentuk komunikasi ini disebut tuturan, yang di dalamnya terdapat makna yang tersirat maupun makna yang tersurat tergantung dari konteks kalimat yang disampaikan. Kegiatan inilah yang sering disebut sebagai kegiatan tindak tutur. Tindak tutur merupakan gejala individual yang bersifat psikologi. Keberlangsungannya ditentukan oleh kemampuan bahasa si penutur  dalam menghadapi situasi tertentu. Pada penelitianini, penelitimengkajitetangtindaktuturdirektifdanekspresif                 pada ceramah Ustad Das’ad Latif di youtube. Penelitian ini dipilih karenaceramah merupakansalahsatuketerampilanberbicaradalam pembelajaranbahasaIndonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan wujud tindak tutur direktif dan ekspresif dalam ceramah Ustad Das’ad Latif di youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tahapan mengumpulkan informasi melalui beberapa video, menganalisis, dan memberikan kesimpulan.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa ditemukannya tindak tutur direktif dan ekspresif pada tuturan Ustad Das’ad Latif dalam lima video ceramahnya di youtube. Hasil penelitian yang ditemukan untuk tindak tutur direktif yakni, tindak tutur direktif tindak tutur direktif permintaan, tindak tutur direktif permohonan,tindak tutur direktif perintah,tindak tutur direktif, tindak tutur direktif nasihat, tindak tutur direktif ajakan. Selain itu, peneliti juga menemukan tindak tutur ekspresif yaitu, tindak tutur ekspresif mengkritik, tindak tutur ekspresif mengeluh, tindak tutur ekspresif memuji, dan tindak tutur ekspresif mengucapkan kasih.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI