DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN SEBERANG MESJID KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:FIRDA INDAH SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-06


Skripsi dengan judul “Peran Masyarakat Bantaran Sungai dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Seberang Mesjid Kota Banjarmasin” yang di tulis oleh, Firda Indah Sari, NIM. 1910416320016, pembimbing Dr. Ellyn Normelani, M.Pd.,M.S.

Banjarmasin merupakan penyumbang terbanyak timbulan sampah dengan jumlah timbulan sampah 506 ton per hari dan mencapai 184 ribu ton per tahun. Masyarakat di sekitar bantaran sungai masih menganggap bahwa sungai merupakan cara yang praktis dan mudah untuk membuang sampah. Di Kelurahan Seberang Mesjid merupakan daerah aliran sungai martapura yang sangat rentan dengan sampah-sampah. Selain itu, masih belum adanya peran masyarakat dalam pengelolaan sampah yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran masyarakat bantaran sungai dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Seberang Mesjid, Kota Banjarmasin.

Pada penelitian ini jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan tipe yang digunakan adalah deskriptif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 175 responden. Teknik pegumpulan data yang digunakan terdiri data primer (terdiri dari observasi, kuesioner, wawancara dan dokementasi) dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah pengukuran Skala Likert’s yang akan dianalisis secara deskriptif persentase.

Peran masyarakat bantaran sungai dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Seberang masjid termasuk dalam kriteria tidak berperan. Selain itu, terdapat korelasi atau hubungan antara peran masyarakat bantaran sungai dengan pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Seberang Mesjid Kota Banjarmasin.

Kata Kunci : Peran Masyarakat, Pengelolaan Sampah, Kelurahan Seberang Mesjid

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI