DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENDUGAAN DAERAH POTENSIAL PENANGKAPAN IKAN PELAGIS BERBASIS CITRA SATELIT DI PERAIRAN DESA PAGATAN BESAR KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SUTAN AL GHAFFAR LUBIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-09


Sutan Al Ghaffar Lubis. Program Studi Perikanan Tangkap. Pendugaan Daerah Potensial Penangkapan Ikan Pelagis Berbasis Citra Satelit Di Perairan Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Dibawah bimbingan Ir. H. Iriansyah, M.Si selaku Ketua pembimbing dan Siti Aminah, S.Pi, M.Si selaku anggota pembimbing.

 

Kabupaten Tanah Laut adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan suatu kawasan pemukinan yang aktivitas nelayannya tidak terlepas Pengoperasian alat tangkap ikan yang dilakukan pada wilayah sekitar laut jawa. Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah 1.Menganalisis daerah penangkapan ikan menggunakan parameter suhu permukaan laut dan klorofil-a pada WPPNRI 712. 2. Menentukan keterkaitan parameter suhu permukaan laut dan klorofil-a dengan hasil tangkapan. 3. Pemetaan Sebaran daerah penangkapan ikan Pelagis pada WPPNRI 712. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan membagi periode musim menjadi 4 yaitu musim peralihan I, Musim Barat, musim peralihan II dan musim Timur. Dikaji menggunakan Analisis Sistem SeaWIFS, Analisis regresi Berganda dan analisis Sistem Informasi Geografis. Nilai SPL selama penelitian yang dilakukan di bulan Maret-April di daerah penelitian berkisar antara 27,88-31,93 °C, dengan hasil tangkapan tertinggi berada pada 31,12-31,93°C yang berjumlah 2.589 ekor. Hasil Uji F menunjukan bahwa dua faktor oseanografi secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap Hasil tangkapan dengan nilai signifikansi 0.038 < 0.05, dan Fhitung lebih besar dari Ftabel (42.051 > 2.44). Hasil uji t menunjukan bahwa secara individual faktor Oseanografi yang berpengaruh nyata terhadap hasil tangkapan ikan adalah Variabel SPL. Peta daerah potensial penangkapan ikan musim peralihan 2 memiliki jumlah hasil tangkapan tertinggi dengan jumlah hasil tangkapan 1.000 ekor (Tidak Potensial) berjumlah 32 lokasi, jumlah hasil tangkapan rentang 1.000-2.000 ekor berjumlah 18 lokasi dan jumlah hasil tangkapan rentang lebih dari 2.000 ekor berjumlah 19 lokasi.

 

Kata Kunci : Daerah Penangkapan ikan, Suhu Permukaan laut, Klorofil-a

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI