DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROSES SOSIAL BAINJAMAN PADA ACARA SEBELUM PERKAWINAN DI DESA TAMPANG KECAMATAN LAMPIHONG KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:ASBI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-09


ABSTRAK

 

Asbi,2021.ProsesSosialBainjamanPadaAcaraSebelumPerkawinandiDesa Tampang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan. SkripsiProgram Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat,(II)Sigit Ruswinarsih.

 

KataKunci:Bainjaman,Perkawinan, Manfaat Bainjaman

 

Perkawinanmerupakanikatanlahirbatinantaralaki-lakidenganperempuandalammembentuksebuahkeluargabaru.  Acara  perkawinansendiriberbeda-bedatergantungdaridaerahmasing-masing.Padaprosesperkawinan,terutamasebelumacara,perludilakukanpersiapansepertimenyiapkan tempat untuk berlangsungsunya acara perkawinan, mempersiapkanhidanganuntukmenjamuparatamuyangdatangdiacaraperkawinan,dan        mempersiapkan    keperluan         lainnya                  untuk          berlangsungnya   acaraperkawinan.Prosessosialbainjamandilaksanakanolehmasyarakatdesatampang kecamatan lampihong kabupaten balangan, memuat alasan di balikadanyaprosessosialbainjamantersebut.Penelitianiniuntukmengetahui(1)untukmengetahuimanfaatbainjamansebelumperkawinan(2)untukmengetahuinilai sosial bainjaman.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.Sumber data yangdipilihsecaraPurposive sampling. Kriteria informandalam penelitian ini yaitu (1)masyarakat yang turun-temurun melaksanakanproses bainjaman pada acara sebelum perkawinan, (2) tokoh masyarakatyang biasa menjadi pemandu dalam bainjaman, (3) masyarakat yang ikutdalam bainjaman. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi kelapangan, wawancara mendalam dengan ke 5 informan, dan dokumentasi.Selanjutnyaanalisisdatadilakukandenganreduksidata,penyajiandata,danpenarikankesimpulan.

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa:(1)Manfaatbainjamanadalah sebagai bentuk tanggung jawab meringankanbeban masyarakat,sebagaibentukkepedulianmasyarakat,jugasebagaiwujudkerukunanyangadadimasyarakat.(2)Nilaisosialbainjamanyangadadimasyarakat,yaituadanyanilaisolidaritas,tolongmenolongdannilaikekeluargaan.

Berdasarkanhasilpenelitianini,Kepadamasyarakatterutamanyayangmelaksanakan tradisi bainjaman atau yang tidak ikut melaksanakan di Desatampangkecamatanlampihongkabupatenbalangan.,supayatetapmelaksanakan dan menjaga serta selalu menanamkan hal yang baik dalamtradisi bainjaman di kalangan generasi muda di masyarakat supaya teradisibainjamantidak hilang di telan masa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI