DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MOTIVASI ORANG TUA MEMILIH SEKOLAH DI SDIT AL FIRDAUS BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD HABIBI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-10


ABSTRAK

Muhammad Habibi, 2022. Motivasi Orang Tua Memilih Sekolah di SDIT Al   Firdaus Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yuli Apriati, (II) Laila Azkia.

 

Kata Kunci: Pemilihan Sekolah, Orang Tua, Motivasi

           

        Memilih sekolah adalah salah satu keputusan penting dalam pengasuhan. Namun sering kali orang tua tidak menghabiskan cukup waktu mendalami informasi atau membandingkan opsi. Motivasi orang tua memiliki peran yang besar dalam pemilihan sekolah bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) Motivasi intrinsik orang tua memilih sekolah di SDIT Al Firdaus Banjarmasin (2) Motivasi ekstrinsik orang tua memilih sekolah di SDIT Al Firdaus Banjarmasin.  

         Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini dipilih secara Purposive Sampling dengan informan yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

        Hasil penelitianmenemukan bahwa (1) Motivasi intrinsik orang tua memilih sekolah di SDIT Al Firdaus Banjarmasin diantaranya 1) Keamanan anak terjamin, 2) Anak memiliki pondasi agama yang kuat, 3) Anak menjadi penghafal Alquran (2) Motivasi ekstrinsik orang tua memilih sekolah di SDIT Al Firdaus Banjarmasin diantaranya 1) Lingkungan sekolah 2) Visi dan misi sekolah 3) Kurikulum 4) Pendidik dan tenaga kependidikan 5) Sarana dan prasarana.

          Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi orang tua mengetahui bakat dan minat yang ada pada diri anak agar segala potensi yang dimilikinya dapat diasah dan dikembangkan secara optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI