DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI RePe MATERI PROSES MASUKNYA AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDDHA KE NUSANTARA PADA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 ALUH-ALUH
PENGARANG:CAHAYA MELYNIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-10


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang menuntut guru sejarah untuk lebih inovatif dalam memanfaatkan teknologi untuk kegiatan belajar mengajar. Namun tidak semua guru dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi tersebut sebagai alat untuk menunjang pembelajaran. Salah satu inovasi media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi adalah aplikasi RePe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi RePe dan mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi RePepada pokok bahasan proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Nusantara pada kelas X IPS di SMA Negeri 1 Aluh-Aluh.

   Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model prosedur pengembangan mengadopsi model ADDIE. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Aluh-Aluh sebagai subjek utama dan X IPS 3 SMA Negeri 1 Aluh-Aluh sebagai subjek uji coba (try out). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.

   Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terlaksananya semua tahapan pengembangan dimulai dari tahap analisis yang disesuaikan dengan materi, karakter, dan kebutuhan peserta didik, desain yang menarik, pengembangan yang mudah, dan implementasi mudah. (2) Keefektifan aplikasi RePe ditunjukkan dengan hasil respon peserta didik “sangat positif” dengan persentase 91,23% dan hasil tes ketuntasan peserta didik dengan persentase 87%. Kelebihan aplikasi ini adalah menarik, mudah digunakan tanpa batasan tempat dan waktu, ukuran file relatif kecil, hemat kuota, dan dapat dikembangkan lebih lanjut. Kekurangan dari aplikasi ini adalah terbatasnya penyajian materi, hanya bisa digunakan pada sistem android, dan tidak full offline. Kesimpulannya bahwa aplikasi RePe yang dikembangkan sangat layak untuk diujicobakan dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Disarankan guru dapat mengembangkan aplikasi ini dengan materi yang berbeda.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Pembelajaran Sejarah, Aplikasi RePe

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI