DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Dampak Sosial Ekonomi Perkebunan Kelapa Sawit PT. Tiga Daun Kapuas (TDK) Bagi Kehidupan di Desa Purwosari Baru Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:LISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-11


Lisa, 2019. Dampak Sosial Ekonomi Perkebunan Kelapa Sawit PT. Tiga Daun Kapuas (TDK) Bagi Kehidupan di Desa Purwosari Baru Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, Pembimbing (I) Syahlan Mattiro

Kata Kunci: Perubahan Sosial, Perubahan Ekonomi

            Keberadaan perkebunan kelapa sawit di Desa Purwosari Baru memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat, dilihat dari segi perubahan sosial dan perubahan ekonominya. Penelitian dilakukan di Desa Purwosari Baru Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala. Penelitian bertujuan: (1) Untuk mengetahui dampak perubahan sosial perkebunan kelapa sawit PT. Tiga Daun Kapuas (TDK) bagi kehidupan masyarakat di Desa Purwosari Baru. (2) Mengetahuidampak perubahan ekonomi perkebunan kelapa sawit PT. Tiga Daun Kapuas (TDK) bagi kehidupan masyarakat di Desa Purwosari Baru. 

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling, subjek dalam penelitian adalah para pekerja perkebunan kelapa sawit yang awal mulanya bekerja sebagai petani padi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dampak perubahan sosial perkebunan kelapa sawit PT. Tiga Daun Kapuas (TDK) bagi kehidupan masyarakat di Desa Purwosari Baru yaitu berdampak langsung bagi kehidupan sosial mereka yang mana mereka menjadi kurang bisa berpartisipasi dalam setiap kegiatan di desa, interaksi yang terjadi di antara masyarakat pun menjadi sangat terbatas, begitu pula berdampak di lingkungan keluarga dimana waktu mereka menjadi sangat terbatas dan begitu juga dengan interaksi antar anggota keluarga pun menjadi sangat kurang. (2) Dampak perubahan ekonomi perkebunan kelapa sawit PT. Tiga Daun Kapuas (TDK) bagi Kehidupan masyarakat di Desa Purwosari Baru adalah ekonomi masyarakat mengalami peningkatan pendapatan dan kebutuhan hidup pun mulai terpenuhi.

            Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada masyarakat seharusnya lebih bisa mengatur waktu yang tepat agar kegiatan seperti kerjabakti, gotong royong dan kegiatan lainnya agar tidak berbenturan lagi dengan jadwal para pekerja perkebunan kelapa sawit. Sehingga kedepannya pengaturan waktu yang kurang baik bisa berjalan dengan baik, agar seluruh masyarakat bisa ikut serta atau berpartisipasi dalam kegiatan desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI