DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENENTUAN SEKTOR BASIS DAN SEKTOR UNGGULAN SEBAGAI PENGGERAK PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:MUHAMMAD FAHREZA ANSHORI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-11


Muhammad Fahreza Anshori (2023), Analisis Penentuan Sektor Basis dan Sektor Unggulan Sebagai Penggerak Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Kabupaten Tanah Laut Tahun 2018-2022. Pembimbing Dra. Eny Fahrati, MP.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) menentukan sektor ekonomi manakah yang menjadi sektor unggulan dan basis; dan (2) untuk mengetahui sektor ekonomi manakah yang memiliki potensi menjadi sektor basis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Location Quotient (LQ), Dynamic Location Quotient (DLQ), Model Rasio Pertumbuhan (MRP), Typology Klassen, dan Overlay. Dengan menggunakan data PDRB atas harga konstan 2010 menurut lapangan usaha tahun 2018-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan, sektor pertambangan dan pergalian, sektor perdagangan besar dan eceran merupakan sektor basis. Sektor pertambangan dan pergalian merupakan sektor unggulan di Kabupaten Tanah Laut karena memiliki kontribusi dan pertumbuhan yang positif. Sementara itu, sektor yang memiliki potensi menjadi sektor basis di masa yang akan datang adalah sektor industry pengolahan, pengadaan listrik dan gas, konstruksi, transportasi dan pergudangan, jasa keuangan dan asuransi, jasa perusahaan, administrasi pemerintah pertanahan dan jaminan social wajib.
Kata Kunci: PDRB, Sektor Unggulan, Sektor Basis, Location Quotient (LQ), Dynamic Location Quotient (DLQ), Model Rasio Pertumbuhan (MRP), Typology Klassen, dan Overlay.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI